Sunday, June 17, 2012

Macam-Macam Vitamin Beserta Manfaatnya.

Sudah terpenuhikah kebutuhan vitamin dalam tubuh anda...??
Banyak manfaat dari vitamin bagi tubuh kita, seperti untuk menjaga stamina, meningkatkan vitalitas, melindungi tubuh dari serangan berbagai macam penyakit,

Orang yang kekurangan vitamin akan mudah sekali terserang suatu penyakit, maka mulailah sekarang juga makanan yang anda makan harus benar-benar bervitamin.

Vitamin berdasarkan kelarutannya dalam air dibagi menjadi 2 :

  1. Vitamin yang larut di dalam air : Vitamin B dan Vitamin C.
  2. Vitamin yang tidak larut di dalam air : Vitamin A, D, E, dan K ( ADEK )

Berikut Macam-Macam Vitamin Beserta Manfaatnya serta Sumbernya :

Vitamin A
Vitamin yang penting untuk pemeliharaan sel kornea mata membantu pertumbuhan tulang dan gigi pembentukan dan pengaturan hormon melindungi tubuh terhadap kanker. Vitamin A banyak terdapat pada sayur-sayuran (wortel, ubi, labu kuning, bayam, tomat), buah-buahan (pepaya), susu, keju, mentega, dan telur.
Jika tubuh kurang vitamin A menyebabkan penurunan fungsi kornea hingga kebutaan, perubahan bentuk tulang, pertumbuhaannya terhambat, membentuk celah (kerusakan pada gigi), terhentinya pertumbuhan sel-sel pembentuk gigi

Vitamin B
  • B1
    Vitamin yang penting untuk metabolisme karbohidrat, mengobati penyakit beri-beri, keadaan yang menyebabkan peningkatan kebutuhan akan vitamin B1, misalnya selama kehamilan. Sumber vitamin B1: sayur-sayuran, kacang-kacangan susu, kuning telur, kentang
    Jika tubuh kurang vitamin B1menyebabkan berkurangnya kemampuan fisik maupun psikis, tak ada nafsu makan, bobot badan berkurang, gangguan fungsi lambung dan usus.
  • B2
    Vitamin yang penting untuk pencegahan defisiensi vitamin B2 yang sering menyertai pelagra atau defisiensi vitamin B lainnya.
    Sumber vitamin B2 : ragi, padi-padian, telur, berbagai sayuran, polong-polongan, susu, keju, dan sebagian disintesis oleh bakteri usus.
    Gejala kekurangan vitamin B2 jarang terjadi pada manusia. Biasanya vitamin B2 yang didapat bersama makanan dan yang disintesis oleh bakteri usus sudah mencukupi.
    Defisiensi biasanya timbul setelah diare kronis atau setelah terapi jangka panjang dengan antibiotika atau sulfonamida.
  • B3
    Dengan sebutan lain, niacin. Vitamin B3 diperlukan oleh tubuh untuk peredaran darah dan kulit yang sehat. Niacin mengambil peran penting dalam menghasilkan tenaga daripada gula darah (blood sugar) serta proses produksi lemak. Selain itu, vitamin B3 memperkecil resiko penyakit mental schizophrenia disamping memilliki khasiat mujarab sebagai penambah ingatan.
    Sumber yang mengandung vitamin B3 : Buah-buahan, gandum, ragi, hati, ikan, ginjal, kentang manis, daging unggas dan sebagainya.
    Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin B3 : terganggunya sistem pencernaan, otot mudah keram dan kejang, insomnia, bedan lemas, mudah muntah serta mual-mual, dan lain-lain.
  • B5
    Dikenal juga pantothenic acid berperan dalam pembentukan antibodi, subtistusi lemak, membantu juga dalam proses konversi karbohidrat dan protein menjadi tenaga.
    Sumber yang mengandung vitamin B5 : Daging, susu, sayur mayur hijau, ginjal, hati, kacang ijo, dan banyak lagi yang lain.
    Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin B5 : otot mudah menjadi kram, sulit tidur, kulit pecah-pecah serta bersisik, dan lain-lain.
  • B6
    Atau pyridoxine selain membantu vitamin B5 dalam proses konversi karbohidrat dan protein menjadi tenaga, vitamin B6 ini juga berperan dalam pengeluaran sel darah merah dan antibodi.
    Vitamin B6 dosis tinggi digunakan untuk kerusakan akibat penyinaran, neuritis setelah terapi isoniazid atau sikloserin.
    Sumber vitamin B6 : ragi, padi-padian, sayuran hijau, otak, kuning telur, hati, dan susu.
    Kekurangan vitamin B6 jarang terjadi pada manusia.
  • B9
    Vitamin B9, asam folat, bekerja dengan cara rumit, terutama dalam membantu detoksifikasi dari jaringan otak serta menjaga sel bekerja secara efisien. Studi yang dipublikasikan tahun 2004/2005 dalam British Journal of Psychopharmacology menunjukkan bahwa asam folat yang diasup 500 mg per hari efektif dalam mengobati depresi bila intervensi lain, termasuk obat-obatan, gagal dijalankan. Dosis yang diberikan 500 mg, satu kali sehari.
    Vitamin B9 bisa diperoleh dari daging, telur, dan whole grain. Asupan lain yang bisa memberi efek balk adalah omega-3. Banyak penelitian menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 bermanfaat mengobati depresi yang parah, juga membantu meredakan depresi bipolar. Asam lemak omega-3 dijumpai pada ikan salmon, sardin, trout, dan tuna.
  • B12
    Vitamin yang penting untuk pembentukan sel (termasuk sel darah merah) dan memelihara sel saraf
    Sumber vitamin B12 : daging, susu, ikan, unggas (ayam).

Vitamin C
Vitamin yang penting untuk pembentukan kolagen, membantu absorpsi besi, sebagai antioksidan, penghasil senyawa transmitter saraf dan hormon tertentu. Vitamin C terdapat pada jeruk dan buah-buahan lain yang rasanya masam, cabai, brokoli.
Jika tubuh kurang vitamin C menyebabkan skorbut (pendarahan gusi), sariawan, hambatan pertumbuhan pada bayi dan anak-anak, mudah terjadi luka dan infeksi tubuh.

Vitamin D
Vitamin yang penting untuk membantu pembentukan/pemeliharaan formasi tulang dan homeostasis mineral.
Makanan yang mengandung vitamin D : susu, hati, telur, ikan, dan minyak ikan
Jika tubuh kurang vitamin D menyebabkan penyakit gastrointestinal (malabsorpsi atau radang pankreas kronik). kegagalan ginjal kronik, pada anak-anak dapat menyebabkan rakhitis.

Vitamin E
Vitamin yang penting untuk mencegah terjadinya hemolisis sel-sel darah merah dan anemia.
Sumber vitamin E : sayuran hijau, kacang-kacangan
Jika tubuh kurang vitamin E dapat terjadi hemolisis sel darah merah.

Vitamin K
Vitamin K dalam tubuh akan mempengaruhi sistem enzim yang mensintesa faktor pembekuan darah.
Sumber terbesar vitamin K berasal dari sayur-sayuran hijau seperti kangkung dan lobak, brooli, taoge, bayam, dan kembang kol.
Jika tubuh kurang vitamin dapat menyebabkan darah sukar membeku.
 
sumber : http://siweh.blogspot.com

SOLUSI

VIVA AZ

No comments:

Post a Comment